Selasa, 24 Mei 2011

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)


A. IDENTITAS MATA AJARAN :

Nama Mata Kuliah    : Teori Organisasi
Semester    : VIII
Kode Mata Kuliah    : ADP
Beban Studi    : 3 SKS
Deskripsi Singkat        : Mata Kuliah ini membahas tentang pandangan-pandangan umum organisasi, evolusi teori-teori organisasi, efektifitas dan dimensi-dimensi organisasi, strategi dan besaran organisasi, teknologi dan lingkungan, pengendalian kekuasaan, desain organisasi, pandangan tentang birokrasi dan adhocracy, penerapan masalah kontemporer, teori organisasi dalam mengelola lingkungan dan perubahan organisasi, pengelolaan konflik dan budaya serta evolusi organisasi.

Tujuan Mata Kuliah    :    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan menjelaskan serta menganalisis  segala sesuatu mengenai organisasi, determinasi apa penyebab struktur, desain organisasi berupa pemilihan struktur yang tepat, serta penerapannya dalam masalah-masalah kontemporer dalam teori organisasi.

Atribut Soft Skills    : Team Work, Komunikasi Lisan, Leadership, Saling Menghargai, Mengemukakan Pendapat dan Kejujuran

Prasyarat    : Mahasiswa yang akan mengikuti mata kuliah ini sudah menempuh mata kuliah administrasi, pengantar manajemen   dan kepemimpinan.

Buku Sumber    :  1. Robbins Stephen P. (1994) Teori Organisasi Struktur, Desain dan Aplikasi, Archan, Jakarta
          2. Sunarto, 2004, Perilaku Organisasi, Amus, Yogyakarta
           3. Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki, 2005,  Perilaku Organisasi,Salemba Empat, Jakarta





B. RENCANA PEMBELAJARAN

A. IDENTITAS MATA KULIAH : TEORI ORGANISASI


No    Kompetensi Dasar    S T R A T E G I   P E M B E L A J A R A N    Bacaan      
        Materi    Indikator    Metode    Media    Alokasi Waktu    Atribut Soft Skills          
I    Mengetahui tentang materi, tugas, metode pembelajaran, sistem penilaian dan sumber pembelajaran    Struktur materi
Menyampaikan kesepakatan kontrak, norma akademik, aktivitas belajar dan tugas, dll         Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Kemandirian dalam belajar,
2.    Kepatuhan terhadap kontrak kuliah
3.    Kemauan belajar
    Buku 1,2,3      
II    Kompeten memilih pandangan-pandangan tentang organisasi    Beberapa defenisi dasar
Mengapa mempelajari teori organisasi
Kiasan biologis    1.    Kemampuan memahami berbagai pandangan tentang organisasi
Kemampuan memilih pandangan-pandangan yang relevan dengan materi kuliah    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Berfikir kritis
2.    Motivasi
3.    Bersemangat
4.    Kreatif.
5.    Kemampuan analitis    Buku 1,2,3      
III    Kompeten menguraikan evolusi teori-teori organisasi    1.    Teoritikus Tipe I
2.    Teoritikus Tipe II
3.    Teoritikus Tipe III
4.    Teoritikus Tipe IV
    1.    Kemampuan menguraikan proses evolusi teori-teori organisasi
Kemampuan menganalisis kekuatan dan kelemahan setiap fase evolusi    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Kemauan belajar
2.    Motivasi
3.    Bersemangat
     Buku 1,2,3      
IV    Formatif I    Tertulis/Essay        60    Kejujuran    Buku 1,2,3      
V    Kompeten menilai efektifitas dan menentukan dimensi-dimensi organisasi    1.    Pentingnya keefektifan organisasi
2.    Pendekatan pencapaian tujuan
3.    Pendekatan system
4.    Pendekatan konstituensi-strategis
5.    Pendekatan nilai-nilai bersaing
6.    Kompleksitas
7.    Formalisasi
8.    Sentralisasi    1.    Kemampuan menentukan ukuran-ukuran efektifitas organisasi
Kemampuan mengklasifikasikan dimensi-dimensi organisasi    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Berfikir kritis
2.    Kemauan belajar
    Buku 1,2,      
VI    Kompeten menyusun strategi dan menentukan besaran-besaran tentang organisasi    1.    Jenis-jenis strategi
2.    Mengklasifikasikan dimensi-dimensi strategis
3.    Tesis strategi-struktural Chandler
4.    Teori strategi-struktur kontemporer
5.    Keterbatasan strategi imperative
6.    Mendefenisikan besaran imperatif
7.    Pendukung besaran imperatif
8.     Kritik terhadap size imperative
9.    Masalah-masalah khusus yang berhubungan dengan besaran imperative    1.    Kemampuan menyusun strategi dalam berbagai kondisi bagi organisasi
Kemampuan membuat ukuran-ukuran tentang besaran organisasi    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Menyelesaikan persoalan
2.    Dapat meringkas
3.    Mandiri
    Buku 1,2,3      
VII    Kompeten merancang teknologi yang digunakan dan menilai  jenis-jenis lingkungan dalam organisasi    1.    Mendefenisikan teknologi dan lingkungan
2.    Teknologi Berdasarkan Ilmu pengetahuan : Kontribusi Perrow
3.    Ketidakpastian teknologi : Kontribusi Thompson
4.    Teknologi dan struktur
5.    Kontribusi-kontribusi penting
6.    Environmental imperative
7.    Hubungan lingkungan struktur    1.    Kemampuan merancang teknologi-teknologi secara tepat
Kemampuan mengantisipasi setiap perubahan lingkungan    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Kemauan belajar
2.    Komitmen
3.    Motivasi
4.    Bersemangat
    Buku 1,2,3      
VIII    Formatif II    Tertulis/Essay        60    Kejujuran    Buku 1,2,3      
IX    Kompeten mengklasifikan jenis-jenis pengendalian kekuasaan dalam organisasi    1.    Serangan utama pilihan strategis
2.    Tantangan lain terhadap perspektif kontingensi
3.    Merangkum pandangan pengendalian kekuasaan
4.    Implikasi berdasarkan pandangan pengendalian-kekuasaan    1.    Kemampuan dalam memilih jenis-jenis kekuasaan yang mengendalikan kekuasan
Kemampuan mengklasifikasikan jenis kekuasaan yang dapat mengendalikan kekuasaan    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Berfikir kritis
2.    Kemauan belajar
3.    Motivasi
4.    Bersemangat
    Buku 1,2,3      
X    Kompeten merancang desain organisasi dan menilai struktur yang tepat dalam medesain organisasi    1.    Elemen-elemen umum dalam organisasi
2.    Struktur sederhana
3.    Birokrasi mesin
4.    Birokrasi Profesional
5.    Struktur Divisional
6.    Adhocracy    Kemampaun merancang dan menilai desain dan struktur organisasi    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Kemauan belajar
2.    Motivasi
3.    Bersemangat
4.    Kreatif.
5.    Kemampuan analitis
    Buku 1,2,3      
XI    Kompeten menguraikan pandangan-pandangan  birokrasi dan adhocracy    1.    Birokrasi Weber
2.    Konsekuensi atas penyelewengan fungsi birokrasi
3.    Apakah birokrasi merupakan sektor Dinosaurus Struktural
4.    Matriks
5.    Teori Z
6.    Bentuk Kolateral
7.    Struktur jaringan kerja
8.    Dua pandangan kontemporer tentang organisasi masa depan    1.    Kemampuan memilah pendapat sesuai dengan kondisi
2.    Kemampaun mengkritisi pendapat orang secara jernih dan bertanggung jawab    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Inisiatif
2.    Kemauan belajar
3.    Kreatif.
4.    Kemampuan analitis    Buku 1,2,3      
XII    Formatif III    Tertulis/Essay        60    Kejujuran    Buku 1,2,3      
XIII    Kompeten menilai penerapan masalah-masalah kontemporer teori organisasi dan dalam mengelola lingkungan dan perubahan organisasi    Masalah-masalah kontemporer teori organisasi dan mengelola lingkungan dan perubahan organisasi
    Kemampuan menerangkan dan menilai masalah, dan perbahan teori organisasi    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Bersemangat
2.    Dapat meringkas
3.    Mandiri
4.    Berargumen logis
     Buku 1,2,3      
XIV    Kompeten menguraikan pengelolaan konflik dan budaya organisasi

    1.    Defenisi konflik
2.    Sumber konflik organisasi
3.    Teknik-teknik resolusi
4.    Teknik-teknik simulasi
5.    Apa budaya organisasi
6.    Budaya dan keefektifan organisasi    Kemampuan menerangkan mengelola sebuah konflik dan mengelola budaya-budaya organisasi    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Inisiatif
2.    Kemauan belajar
3.    Kemampuan analitis
4.    Menyelesaikan persoalan
    Buku 1,2,3      
XV    Kompeten menguraikan evolusi organisasi     Mengelola Pertumbuhan
Kemunduran organisasi :
Menerima realitas baru    Kemampuan menerangkan evolusi organisasi    Cooperative Learning    - White board
- In Focus    150    1.    Kemauan belajar
2.    Komitmen
3.    Motivasi
4.    Kreatif.
5.    Kemampuan analitis
6.    Mandiri    Buku 1,2,3      
XVI    Formatif IV    Tertulis/Essay        60    Kejujuran    Buku 1,2,3   


SILABUS/GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)

Nama Mata Kuliah             : Teori Organisasi
Kode Mata Kuliah             : ADP
Semester/T.A.             : Genap / 2009 – 2010
Hari Pertemuan/Jam         : Selasa & Rabu/08.00-09.40/14.00-18.00
Tempat Pertemuan             : Ruang 12.04 FE Unimed
Nama Dosen             : Drs. Bangun Napitupulu, M.Si
                                                Khairuddin E. Tambunan, M.Si
Alamat                        : Jl. Pukat IV No. 50 C Aksara Medan
                                                Jl. Enggang XV No. 222, Perumnas Mandala
Telp./HP                         : 061 - 7363359 / 0813 7084 2212
                                                061 – 7321559 / 0812 6554 9573
Email                                   :  irol_t@yahoo.com









PROGRAM STUDI PEND. ADM. PERKANTORAN
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2009/2010

1 komentar:

  1. Top 10 casino sites like Slotguru.com
    Slotguru.com provides information on top 서울특별 출장샵 10 gambling sites. Find out all you need to know and 김포 출장샵 get 구리 출장샵 the best casino bonuses at 통영 출장마사지 Top 양산 출장샵 10 online

    BalasHapus