Selasa, 24 Mei 2011

RPP Praktek Seminar Perkantoran FE

RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP)

1.    Jurusan/Program Studi        : Pendidikan Ekonomi / Pend. Adm. Perkantoran
2.    Mata Kuliah            : Praktek Seminar Perkantoran
3.    Kode Mata Kuliah            : ADP………………
4.    Jumlah SKS            : 2 SKS
5.    Jumlah Tatap Muka         : 16 Kali

6.    Deskripsi Mata Kuliah     :    Mata kuliah ini Mata kuliah ini akan membahas tentang hakekat dan  tujuan seminar, bagaimana menjadi peserta yang efektif dan partisipatif serta bagaimana menulis sebuah makalah yang akan disajikan dalam suatu seminar

7.    Standar Kompetensi     :    Kompeten menulis karya ilmiah, merencanakan dan menyelenggerakan suatu seminar serta memahami fungsi-fungsi sebagai pelaku dalam seminar.

8.    Sistem Penilaian     : Sistem penilaian dalam mata kuliah ini yang dinilai adalah :
1.     1. Tugas-tugas individu dan kelompok
2.     2. Diskusi kelompok
3.     3. Critical book
4.     4. Ujian Formatif
9.    Buku Sumber                   :
1.    Manullang. M. (1996) Dasar-Dasar Penyusunan Laporan, Makalah, dan Skripsi serta Pedoman Berseminar. UMI,  Pedoman (1985).
2.    Nasution S. Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, dan Makalah.   
3.    Pat Roessle Materka (2001) Lokakarya dan Seminar, Kanisuis, Yogyakarta.
4.    Satrokeoto, Ali (1987), Karangan Ilmiah. Praduya Paramita, Jakarta.   
5.    Talijidulu Ndraha (1987). Disain Riset, Bina Aksara Jakarta.

Pertemuan 1

Kompetensi Dasar    :
Mengetahui tentang materi, tugas, metode pembelajaran, sistem penilaian dan sumber pembelajaran

I. Pra Kondisi
·    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Tanya Jawab

·    Sumber Belajar
1.    Kontrak Perkuliahan
2.    Silabus
3.    RPP

II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    Memberikan motivasi pada mahasiswa.    Mendengar dan Merespons    Komunikasi lisan
      
Kegiatan Inti    Menjelaskan materi, tugas, metode , sistem penilaian dan sumber dalam pembelajaran
-        Mendengar dan Bertanya    Mengemukakan pendapat      
Penutup   
Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama
   

III. Materi Pembelajaran
Kontrak Perkuliahan, Silabus, RPP dan materi, tugas, metode , sistem penilaian dan sumber dalam pembelajaran

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%


Pertemuan 2
Kompetensi Dasar    :
Kompeten membedakan karya ilmiah dan karya non ilmiah

I. Pra Kondisi
·    Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    Diskusi
c.    Cooperative Learning
·    Sumber Belajar
Buku 1



II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar     -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    Menjelaskan beberapa pengertian karya ilmiah, jenis karya ilmiah, ciri-ciri karya ilmiah, ciri karya non ilmiah    1.    Mencari referensi secara spesifik  perbedaan karya ilmiah dan non ilmiah
2.    Menafsirkan hasil pencarian terhadap karya ilmiah dan non ilmiah
3.    Memilih jenis-jenis karya ilmiah dan non ilmiah    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas
      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama   

III. Materi Pembelajaran
1.    Pengertian karya ilmiah
2.    Jenis karya Ilmiah
3.    Ciri-ciri karya ilmiah
4.    Ciri karya non ilmiah 

IV. Evaluasi
a.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
b.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas
c.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 3

Kompetensi Dasar    :
Kompeten menerangkan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung
   
I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    Menjelaskan materi tentang, bentuk-bentuk karya ilmiah, pengertian kutipan langsung dan tidak langsung
-        1.    Merangkum kutipan langsung dan tidak langsung dari berbagai sumber
2.    Menerangkan kutipan langsung dan tidak langsung dari berbagai sumber    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama   


III. Materi Pembelajaran
1.    Bentuk-Bentuk karya ilmiah
2.    Pengertian kutipan langsung dan tidak langsung

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 4
Formatif I
I.    Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Tes tertulis
3.    Standar    :  -
Pertemuan 5

Kompetensi Dasar    :
Kompeten membedakan karya ilmiah dan karya non ilmiah

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1


II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti   
Diskusi Karya ilmiah
-        Mendiskusikan tentang karya ilmiah dan non ilmiah
1.        1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama    

III. Materi Pembelajaran
Karya ilmiah

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 6

Kompetensi Dasar    :
Kompeten membuat catatan kaki dari berbagai sumber

I.    Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1




II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    1.    Menjelaskan catatan kaki
2.    Menjelaskan fungsi catatan kaki
3.    Menjelaskan nomor catatan kaki
4.    Menjelaskan catatan kaki dari sebuah table
5.    Menjelaskan singkatan dalam catatan kaki    1.    Membedakan catatan kaki dari berbagai sumber
2.    Merangkum beberapa jenis catatan kaki
3.    Memilih catatan kaki yang sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama   

III. Materi Pembelajaran
1.    Catatan kaki
2.    Fungsi catatan kaki
3.    Nomor catatan kaki
4.    Catatan kaki dari sebuah table
5.    Singkatan dalam catatan kaki

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 7
Kompetensi Dasar    :
Kompeten membuat daftar pustaka  dalam penulisan karya ilmiah

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1

II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    1.    Menjelaskan daftar pustaka
2.    Menjelaskan fungsi daftar pustaka
3.    Menjelaskan lingkup dan jenis daftar pustaka
4.    Menjelaskan perbedaan daftar pustaka dengan catatan kaki
-        Merangkum daftar pustaka dari berbagai sumber    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama    
III. Materi Pembelajaran
1.    Daftar pustaka
2.    Fungsi daftar pustaka
3.    Lingkup dan jenis daftar pustaka
4.    Perbedaan daftar pustaka dengan catatan kaki

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 8
Formatif II
Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Tes tertulis
3.    Standar    :  -
Pertemuan 9

Kompetensi Dasar    :
Kompeten membuat beberapa catatan kaki dari berbagai sumber

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1

II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    Daftar pustaka, dan catatan kaki    Mendiskusikan tentang daftar pustaka, dan catatan kaki    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama    

III. Materi Pembelajaran
Daftar, pustaka, dan catatan kaki



IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 10

Kompetensi Dasar    :
Kompeten menerangkan sistematika dalam penulisan makalah

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1



II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    1.    Menjelaskan makalah
2.    Menjelaskan sistematika makalah
3.    Menjelaskan judul
4.    Menjelaskan pendahuluan
5.    Menjelaskan isi atau uraian
6.    Menjelaskan kesimpulan dan ringkasan
7.    Menjelaskan bentuk makalah    1.    Memilah jenis-jenis sistematika penulisan makalah
2.    Menyusun jenis-jenis sistematika penulisan makalah    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi     Mendengar     Kemampuan bekerja sama    
III. Materi Pembelajaran
1.    Makalah
2.    Sistematika makalah
3.    Judul
4.    Pendahuluan
5.    Isi atau uraian
6.    Kesimpulan dan ringkasan
7.    Bentuk makalah

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%


Pertemuan 11

Kompetensi Dasar    :
Kompeten menerangkan proses penulisan karya ilmiah

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1

II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    -    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    1.    Menjelaskan penulisan karya ilmiah
2.    Menjelaskan membaca literature
3.    Menjelaskan memilih judul sementara
4.    Menjelaskan membuat outline atau rencana isi
5.    Menjelaskan membuat catatan    Menyusun proses-proses penulisan karya ilmiah    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama    

III. Materi Pembelajaran
1.    Proses penulisan karya ilmiah
2.    Membaca literature
3.    Memilih judul sementara
4.    Membuat outline atau rencana isi
5.    Membuat catatan.

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 12
Formatif III
IV. Evaluasi
1.    Dimensi        :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen        :  Tes tertulis
3.    Standar        :  -

Pertemuan 13

Kompetensi Dasar    :
Kompeten menerangkan pengertian, tujuan, dan tugas peserta dalam sebuah seminar.

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning

b.    Sumber Belajar
Buku 1

II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    -    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    1.    Menjelaskan seminar
2.    Menjelaskan pengertian seminar
3.    Menjelaskan tujuan seminar
4.    Menjelaskan tugas peserta seminar
5.    Menjelaskan seminar diluar proses belajar mengajar    Menguraikan tujuan dan tugas peserta dalam sebuah seminar    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama   

III. Materi Pembelajaran
1.    Seminar
2.    Pengertian seminar
3.    Tujuan seminar
4.    Tugas peserta seminar
5.    Seminar diluar proses belajar mengajar

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 14

Kompetensi Dasar    :
Kompeten melakukan dan menilai cara berbicara efektif

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1

II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    1.    Menjelaskan berbicara secara efektif
2.    Menjelaskan prinsip-prinsip berbicara efektif
3.    Menjelaskan urutan berbicara
4.    Menjelaskan teknik pembukaan
5.    Menjelaskan gaya berbicara    1.    Menerangkan prinsip, urutan dan teknik serta gaya berbicara
2.    Melakukan demonstrasi tentang berbicara yang efektif
3.    Menilai bagaimana berbicara secara efektif    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi    Mendengar    Kemampuan bekerja sama   

III. Materi Pembelajaran
1.    Berbicara secara efektif
2.    Prinsip-prinsip berbicara efektif
3.    Urutan berbicara
4.    Teknik pembukaan
5.    Gaya berbicara

IV. Evaluasi
1.    Dimensi    :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen    :  Partisipasi dalam kelas, tugas
3.    Standar    :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%


Pertemuan 15
Kompetensi Dasar    :
Kompeten menjelaskan dan menguraikan isi makalah dalam sebuah seminar

I. Pra Kondisi
a.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Cooperative Learning
b.    Sumber Belajar
Buku 1

II. Prosedur Pembelajaran


TAHAP KEGIATAN    KEGIATAN DOSEN    KEGIATAN MAHASISWA    ATRIBUT SOFT SKILLS      
Pendahuluan    -    Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
-    Memberikan motivasi pada mahasiswa.
-    Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar    -    Partisipasi aktif 
-    Komentar    Komunikasi lisan      
Kegiatan Inti    Penyajian makalah dan presentasi
    1.    Membuat makalah sesuai dengan topic yang telah ditentukan
2.    Mempresentasikan makalah
3.    Mendiskusikan makalah yang telah disampaikan    1.    Berfikir kritis
2.    Kemampuan analitis
3.    Dapat meringkas      
Penutup    -    Menarik kesimpulan
-    Absensi     Mendengar    Kemampuan bekerja sama    

III. Materi Pembelajaran
Penyajian makalah dan presentasi

IV. Evaluasi
1.    Dimensi        :  Kognisi, afeksi
2.    Instrumen        :  Partisipasi dalam kelas, tugas
3.    Standar        :  Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%

Pertemuan 16
Tes Formatif IV
Evaluasi
1.    Dimensi            : Kognitif, Afeksi
2.    Instrumen            : Tes tertulis
3.    Standar            : -






RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN
( R P P )


Nama Mata Kuliah         : Praktek Seminar Perkantoran
Kode Mata Kuliah         : ADP 4042
Semester/T.A.         : Genap / 2010 – 2011
Hari Pertemuan        : Rabu dan Jum’at
Waktu Pertemuan        : 08.00-09.40 dan 16.00-17.40
Tempat Pertemuan         : 114.1.03 dan 12.13

Nama Dosen             : 1. Drs. Bangun Napitupulu, M.Si
          2. Drs. Mangarap Sinaga, MS
                   3. Khairuddin E. Tambunan, M.Si
              4. Nelly Armayanti, SP, MSP
              5. Ellys Siregar, S.Pd, M.Pd

Alamat                 : Fakultas Ekonomi
Telp./HP         : 0813 7084 2212/081370600716
                                            0812 6554 9573/081376947223   
Email         :  irol_t@yahoo.com






PROGRAM STUDI PEND. ADM. PERKANTORAN
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2010/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar