RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP)
1. Jurusan/Program Studi : Pendidikan Ekonomi / Pend. Adm. Perkantoran
2. Mata Kuliah : Praktek Seminar Perkantoran
3. Kode Mata Kuliah : ADP………………
4. Jumlah SKS : 2 SKS
5. Jumlah Tatap Muka : 16 Kali
6. Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini Mata kuliah ini akan membahas tentang hakekat dan tujuan seminar, bagaimana menjadi peserta yang efektif dan partisipatif serta bagaimana menulis sebuah makalah yang akan disajikan dalam suatu seminar
7. Standar Kompetensi : Kompeten menulis karya ilmiah, merencanakan dan menyelenggerakan suatu seminar serta memahami fungsi-fungsi sebagai pelaku dalam seminar.
8. Sistem Penilaian : Sistem penilaian dalam mata kuliah ini yang dinilai adalah :
1. 1. Tugas-tugas individu dan kelompok
2. 2. Diskusi kelompok
3. 3. Critical book
4. 4. Ujian Formatif
9. Buku Sumber :
1. Manullang. M. (1996) Dasar-Dasar Penyusunan Laporan, Makalah, dan Skripsi serta Pedoman Berseminar. UMI, Pedoman (1985).
2. Nasution S. Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, dan Makalah.
3. Pat Roessle Materka (2001) Lokakarya dan Seminar, Kanisuis, Yogyakarta.
4. Satrokeoto, Ali (1987), Karangan Ilmiah. Praduya Paramita, Jakarta.
5. Talijidulu Ndraha (1987). Disain Riset, Bina Aksara Jakarta.
Pertemuan 1
Kompetensi Dasar :
Mengetahui tentang materi, tugas, metode pembelajaran, sistem penilaian dan sumber pembelajaran
I. Pra Kondisi
· Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
· Sumber Belajar
1. Kontrak Perkuliahan
2. Silabus
3. RPP
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan Memberikan motivasi pada mahasiswa. Mendengar dan Merespons Komunikasi lisan
Kegiatan Inti Menjelaskan materi, tugas, metode , sistem penilaian dan sumber dalam pembelajaran
- Mendengar dan Bertanya Mengemukakan pendapat
Penutup
Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
Kontrak Perkuliahan, Silabus, RPP dan materi, tugas, metode , sistem penilaian dan sumber dalam pembelajaran
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 2
Kompetensi Dasar :
Kompeten membedakan karya ilmiah dan karya non ilmiah
I. Pra Kondisi
· Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Cooperative Learning
· Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti Menjelaskan beberapa pengertian karya ilmiah, jenis karya ilmiah, ciri-ciri karya ilmiah, ciri karya non ilmiah 1. Mencari referensi secara spesifik perbedaan karya ilmiah dan non ilmiah
2. Menafsirkan hasil pencarian terhadap karya ilmiah dan non ilmiah
3. Memilih jenis-jenis karya ilmiah dan non ilmiah 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian karya ilmiah
2. Jenis karya Ilmiah
3. Ciri-ciri karya ilmiah
4. Ciri karya non ilmiah
IV. Evaluasi
a. Dimensi : Kognisi, afeksi
b. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas
c. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 3
Kompetensi Dasar :
Kompeten menerangkan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti Menjelaskan materi tentang, bentuk-bentuk karya ilmiah, pengertian kutipan langsung dan tidak langsung
- 1. Merangkum kutipan langsung dan tidak langsung dari berbagai sumber
2. Menerangkan kutipan langsung dan tidak langsung dari berbagai sumber 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Bentuk-Bentuk karya ilmiah
2. Pengertian kutipan langsung dan tidak langsung
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 4
Formatif I
I. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Tes tertulis
3. Standar : -
Pertemuan 5
Kompetensi Dasar :
Kompeten membedakan karya ilmiah dan karya non ilmiah
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti
Diskusi Karya ilmiah
- Mendiskusikan tentang karya ilmiah dan non ilmiah
1. 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
Karya ilmiah
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 6
Kompetensi Dasar :
Kompeten membuat catatan kaki dari berbagai sumber
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti 1. Menjelaskan catatan kaki
2. Menjelaskan fungsi catatan kaki
3. Menjelaskan nomor catatan kaki
4. Menjelaskan catatan kaki dari sebuah table
5. Menjelaskan singkatan dalam catatan kaki 1. Membedakan catatan kaki dari berbagai sumber
2. Merangkum beberapa jenis catatan kaki
3. Memilih catatan kaki yang sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Catatan kaki
2. Fungsi catatan kaki
3. Nomor catatan kaki
4. Catatan kaki dari sebuah table
5. Singkatan dalam catatan kaki
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 7
Kompetensi Dasar :
Kompeten membuat daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti 1. Menjelaskan daftar pustaka
2. Menjelaskan fungsi daftar pustaka
3. Menjelaskan lingkup dan jenis daftar pustaka
4. Menjelaskan perbedaan daftar pustaka dengan catatan kaki
- Merangkum daftar pustaka dari berbagai sumber 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Daftar pustaka
2. Fungsi daftar pustaka
3. Lingkup dan jenis daftar pustaka
4. Perbedaan daftar pustaka dengan catatan kaki
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 8
Formatif II
Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Tes tertulis
3. Standar : -
Pertemuan 9
Kompetensi Dasar :
Kompeten membuat beberapa catatan kaki dari berbagai sumber
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti Daftar pustaka, dan catatan kaki Mendiskusikan tentang daftar pustaka, dan catatan kaki 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
Daftar, pustaka, dan catatan kaki
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 10
Kompetensi Dasar :
Kompeten menerangkan sistematika dalam penulisan makalah
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti 1. Menjelaskan makalah
2. Menjelaskan sistematika makalah
3. Menjelaskan judul
4. Menjelaskan pendahuluan
5. Menjelaskan isi atau uraian
6. Menjelaskan kesimpulan dan ringkasan
7. Menjelaskan bentuk makalah 1. Memilah jenis-jenis sistematika penulisan makalah
2. Menyusun jenis-jenis sistematika penulisan makalah 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Makalah
2. Sistematika makalah
3. Judul
4. Pendahuluan
5. Isi atau uraian
6. Kesimpulan dan ringkasan
7. Bentuk makalah
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 11
Kompetensi Dasar :
Kompeten menerangkan proses penulisan karya ilmiah
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar - Komunikasi lisan
Kegiatan Inti 1. Menjelaskan penulisan karya ilmiah
2. Menjelaskan membaca literature
3. Menjelaskan memilih judul sementara
4. Menjelaskan membuat outline atau rencana isi
5. Menjelaskan membuat catatan Menyusun proses-proses penulisan karya ilmiah 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Proses penulisan karya ilmiah
2. Membaca literature
3. Memilih judul sementara
4. Membuat outline atau rencana isi
5. Membuat catatan.
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 12
Formatif III
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Tes tertulis
3. Standar : -
Pertemuan 13
Kompetensi Dasar :
Kompeten menerangkan pengertian, tujuan, dan tugas peserta dalam sebuah seminar.
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar - Komunikasi lisan
Kegiatan Inti 1. Menjelaskan seminar
2. Menjelaskan pengertian seminar
3. Menjelaskan tujuan seminar
4. Menjelaskan tugas peserta seminar
5. Menjelaskan seminar diluar proses belajar mengajar Menguraikan tujuan dan tugas peserta dalam sebuah seminar 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Seminar
2. Pengertian seminar
3. Tujuan seminar
4. Tugas peserta seminar
5. Seminar diluar proses belajar mengajar
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas, latihan
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 14
Kompetensi Dasar :
Kompeten melakukan dan menilai cara berbicara efektif
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti 1. Menjelaskan berbicara secara efektif
2. Menjelaskan prinsip-prinsip berbicara efektif
3. Menjelaskan urutan berbicara
4. Menjelaskan teknik pembukaan
5. Menjelaskan gaya berbicara 1. Menerangkan prinsip, urutan dan teknik serta gaya berbicara
2. Melakukan demonstrasi tentang berbicara yang efektif
3. Menilai bagaimana berbicara secara efektif 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
1. Berbicara secara efektif
2. Prinsip-prinsip berbicara efektif
3. Urutan berbicara
4. Teknik pembukaan
5. Gaya berbicara
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 15
Kompetensi Dasar :
Kompeten menjelaskan dan menguraikan isi makalah dalam sebuah seminar
I. Pra Kondisi
a. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Cooperative Learning
b. Sumber Belajar
Buku 1
II. Prosedur Pembelajaran
TAHAP KEGIATAN KEGIATAN DOSEN KEGIATAN MAHASISWA ATRIBUT SOFT SKILLS
Pendahuluan - Mengulang beberapa poin-poin penting pada pertemuan sebelumnya.
- Memberikan motivasi pada mahasiswa.
- Menyampaikan perkembangan dan isu-isu tentang seminar - Partisipasi aktif
- Komentar Komunikasi lisan
Kegiatan Inti Penyajian makalah dan presentasi
1. Membuat makalah sesuai dengan topic yang telah ditentukan
2. Mempresentasikan makalah
3. Mendiskusikan makalah yang telah disampaikan 1. Berfikir kritis
2. Kemampuan analitis
3. Dapat meringkas
Penutup - Menarik kesimpulan
- Absensi Mendengar Kemampuan bekerja sama
III. Materi Pembelajaran
Penyajian makalah dan presentasi
IV. Evaluasi
1. Dimensi : Kognisi, afeksi
2. Instrumen : Partisipasi dalam kelas, tugas
3. Standar : Mahasiswa menguasai materi perkuliahan minimal 75%
Pertemuan 16
Tes Formatif IV
Evaluasi
1. Dimensi : Kognitif, Afeksi
2. Instrumen : Tes tertulis
3. Standar : -
RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN
( R P P )
Nama Mata Kuliah : Praktek Seminar Perkantoran
Kode Mata Kuliah : ADP 4042
Semester/T.A. : Genap / 2010 – 2011
Hari Pertemuan : Rabu dan Jum’at
Waktu Pertemuan : 08.00-09.40 dan 16.00-17.40
Tempat Pertemuan : 114.1.03 dan 12.13
Nama Dosen : 1. Drs. Bangun Napitupulu, M.Si
2. Drs. Mangarap Sinaga, MS
3. Khairuddin E. Tambunan, M.Si
4. Nelly Armayanti, SP, MSP
5. Ellys Siregar, S.Pd, M.Pd
Alamat : Fakultas Ekonomi
Telp./HP : 0813 7084 2212/081370600716
0812 6554 9573/081376947223
Email : irol_t@yahoo.com
PROGRAM STUDI PEND. ADM. PERKANTORAN
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2010/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar